Bagaimana Integrias Dari Industri eSports Akan Berkembang

Bagaimana Integrias Dari Industri eSports Akan Berkembang

Sebagai salah satu jenis permainan yang tengah mendapatkan sambutan hangat dari dunia terutama untuk industri judi, eSports sesungguhnya membawa cukup banyak sikap skeptis. Ketika banyak yang berpikir bahwa industri eSports akan menjadi sumber pendapatan baru yang potensial untuk anak-anak muda dan milenial, akan tetapi sebagian khawatir bahwa industri yang tanpa memiliki dukungan infrastruktur yang jelas ini sangat rentan dengan korupsi, kecurangan hingga pengaturan hasil pertandingan.

Salah satu pemerhati eSports berbicara bahwa dengan beberapa ahli mengenai bagaimana ketakutan ini dan cara mengatasinya dari industri baru yang tengah berkembang ini. Investigasi ini didasarkan pada adanya kabar bahwa terdapat tindak kecurangan pada pertandingan kompetitif League of Legends yang berujung pada sanksi sebuah tim yang berasal dari China.

Bagaimana Integrias Dari Industri eSports Akan Berkembang
Bagaimana Integrias Dari Industri eSports Akan Berkembang

Kecurangan merupakan tujuan utama dari diskusi ini, Marcel Menge, Senior Vice President of Play & Platforms di ESL mengatakan bahwa ketelitian dan juga keahilain merupakan faktor yang menentukan untuk mengetahui adanya tidaknya kecurangan dalam pertandingan tersebut.

“Ketika pertandingan terdapat banyak mata yang melihat dibelakang panggung ditambah dengan penonton online yang melihat secara POV atau Person On Video pada posisi dari masing-masing pemain. Mata-mata ini sudah sangat cukup untuk melihat semua situasinya untuk memastikan apakah terjadi sesuatu yang mencurigakan. Ini dapat langsung di periksa.”

Dirinya juga mengatakan bahwa saat ini telah ada perangkat lunak anti-kecurangan seperti yang dimiliki oleh Valve. Sistem ini dapat membantu mengurangi isu kecurangan pada beberapa permainan dan menaikan tingkat kepercayaan dari pertandingan tersebut. ESL sendiri juga telah memutuskan untuk mengalokasikan 25% dari dana yang mereka miliki untuk mengembangkan standard anti kecurangan yang ditargetkan pada pertandingan pada tingkat atas yang melibatkan nama besar pada permainan tersebut.

Dilain pihak, eSports Integrity Coalition juga memainkan peran yang sangat penting terutama untuk mengawasi betting atau taruhan yang tidak sah. Organisasi ini membantu liga eSports di seluruh dunia untuk menidentifikasi ancaman, membuat kode kepatuhan dan juga prosedur displin bagi setiap pelanggaran yang dilakuakn. Ian Smith yang berasal dari ESIC mengatakan bahwa banyak organisasi yang tidak bekerja sama dengan organisasi nya.

“Saya tidak akan menyebutkan organisasi yang mana akan tetapi mereka tahu bahwa mereka adalah organisasi yang tidak patuh. Mereka benar-benar tidak siap dengan krisis dari industri ini. Baik itu mengenai poin-poin dari peraturan yang mereka miliki, pendidikan apa yang dapat diberikan untuk para partisipan hingga prosedur apa yang akan mereka ambil jika terjadi tindak kecurangan.”

Menge mengatakan bahwa para penonton juga telah teredukasi dengan benar bahwa eSports yang disiarkan dapat menjadi pembantu bagi komunitas untuk menangkap para pelanggar ini dengan mudah.

Bandingan dengan transparansi dan juga keterbukaan yang diberikan oleh olahraga lain. eSports telah menawarkan keterbukaan yang cukup baik. Jika pemain CS:GO ketahuan menggunakan hack atau kecurangan, para penonton dapat dengan segera mengetahui kecurangan apa yang mereka lakukan yang merupakan sistem proteksi yang lebih baik daripada apa yang ditawarkan dibandingka olahraga lain.

Ini merupakan industri yang masih sangat muda tetapi dengan proteksi bdari ESL dan ESIC, eSports telah mendapatkan panggung setiap tahunnya yang dimana akan lebih banyak kompetisi yang dimainkan setiap tahunnya.