by

10 Letusan Gunung Berapi Dahsyat Sepanjang Masa

bambooscottsdale ~ Berbicara tentang gunung berapi, siapa sih yang gak pernah menyaksikannya, baik itu secara nyata ataupun melalui televisi? Dan bencana alam juga mengingatkan kita bahwa manusia hidup tidak bisa terlepas dari alam alias bergantung kepada alam. Dan alam yang kita huni ini sesekali bisa hancur dan membuat sang penghuninya berada di dalam bencana. Nah, mengenai bencana alam, sangat beragam jenisnya, ya? Mulai dari bencana alam yang tidak memakan korban sampai yang luar biasa dahsyatnya dan memakan korban hingga ribuan jiwa. Thread kali ini akan membahas tentang gunung api, salah satu yang bisa menimbulkan bencana besar kapan saja dengan letusannya. Ok, langsung saja ya, berikut 10 letusan gunung berapi yang paling dahsyat sepanjang masa.   

1.     Gunung Tambora (Indonesia, 1815)

            Yang pertama adalah gunung berapi yang ada di Indonesia nih, Gan! Ya, Gunung Tambora. Letusan gunung ini merupakan bencana paling mematikan sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, letusan gunung merapi ini memakan korban sampai 120 ribu jiwa, ngeri gak tuh, Gan? Nah, pada 10 April 1815, gunung Tambora memuntahkan abu vulkanik ke langit sampai 40 Km. Dan yang paling mencengangkan, erupsi gunung Tambora tersebut merupakan yang terkuat selama 500 tahun, luar biasa bukan? Dan yang jelas, letusan gunung ini pun menimbulkan tsunami yang tinggi. Selain itu, masih ada lagi dampak yang ditimbulkan, Gan. Penurunan suhu yang ekstrem menimbulkan gagal panen secara global. Ribuan warga China mengalami kelaparan dan tersebarnya penyakit tipus di Eropa. Dua tahun setelah bencana tersebut, harga padi di Swiss mengalami kenaikan hingga lebih dari empat kali lipat.  

2.     Krakatau (Indonesia, 1883)

            Dan letusan gunung berapi paling dahsyat yang kedua datang dari Indonesia lagi nih, Gan! Ya betul, siapa sih yang gak tau gunung Krakatau? Gunung ini terkenal karena letusannya yang super mengerikan. Pada pagi hari di tanggal 27 Agustus, letusan gunung Krakatau terjadi. Letusan ini empat kali lebih besar dan mengguncangkan dari ledakan bom terdahsyat yang pernah terjadi. Gunung Krakatau ini tentunya menimbulkan tsunami yang menghancurkan wilayah-wilayah di sekitarnya dan memakan korban sekitar 36 ribu jiwa. Kerugian yang diperkirakan akibat bencana ini mencapai 1,5 miliar dollar AS pada saat itu. wah, serem ya, Gan?

3.     Laki (Islandia, 1783)


            Untuk gunung merapi yang ketiga, datang dari gunung Laki di Islandia nih, Gan. Nah, dampak yang ditimbulkan dari letusan ini dapat dirasakan hinggaa bertahun-tahun loh, Gan. Erupsi gunung Laki ini berlangsung hingga 8 bulan dan semburan lava sejauh 14,7 Km3. Selain itu, dampak letusan ini juga mengakibatkan tersebarnya gas beracun yang dihasilkan dari erupsi dan membunuh 60% hewan ternak. Ada lagi nih Gan, erupsi gunung ini juga melepaskan SO2 hingga menyebabkan hujan asam dan penurunan suhu bumi. Masih belum cukup dampak yang ditimbulkan, bencana ini juga menyebabkan kelaparan dan memakan korban lebih dari 10 ribu jiwa di Islandia. Akibat gas beracun yang ditimbulkan oleh erupsi tersebut, sebanyak 23 ribu korban di Negeri Inggris meninggal dunia dan terjadinya kelaparan di Mesir. 

4.    gunung berapi Pelee (Karibian, 1902)

            Yang keempat adalah gunung Pelee di Karibia. Pada 8 Mei, Pelee menyemburkan gas panas dan reruntuhan vulkanik. Bencana ini berhasil menghancukan seluruh kota Pieree. Di kota tersebut hidup 28 ribu jiwa, dan katanya hanya dua yang selamat. Kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai 50 juta dolar AS. 

5.     Ilopango (El Salvador, 450 Masehi)

            Yang kelima adalah gunung Ilopango di El Salvador. Letusan gunung Ilopango pertama diketahui terjadi pada 450 Masehi dan merupakan letusan terdahsyat selama 200 ribu tahun. Letusan ini pun berhasil memakan beberapa korban di kota Mayan. Yang jelas, letusan gunung berapi ini pasti mengerikan Gan. Bayangkan saja, langit dipenuhi asap dan debu selama lebih dari satu tahun, serem ya? Bencana ini juga diperkirakan telah menyebabkan lebih dari 100 ribu korban meninggal dunia. Dan bencana ini juga diduga merupakan penyebab penurunan suhu bumi yang terjadi selama 535-536 Masehi, yang menyebabkan gagal panen dari Roma sampai China. Bagaimana? Menyeramkan ya, Gan?

6.     Gunung Unzen (Jepang, 1792)


            Letusan gunung dahsyat yang selanjutnya yaitu gunung Unzen yang ada di Jepang. Dikatakan bahwa letusan gunung ini merupakan erupsi vulkanik yang paling mematikan di Jepang. Wah, kebayang ya bagaimana dahsyatnya letusan tersebut. Nah, yang mengerikan dari letusan ini yaitu, puncak dari gunung Unzen tersebut longsor dan mengubur kota Shimabara dan memicu tsunami setinggi 57 meter. Luar biasa ya, Gan? Kebayang gak berapa jumlah korbannya? Ya, banyak, bukan puluhan atau ratusan. Namun, sekitar 15 ribu korban. Tak hanya itu, kerusakan di bidang pertanian dan perikanan menyebabkan kerugian sekitar 150 juta dolar AS. 

7.     Nevado del Ruiz (Kolumbia, 1985)


            Yang selanjutnya gunung berapi yang ada di Kolumbia nih Gan, yaitu gunung Nevado del Ruiz. Meskipun dikatakan bahwa letusan gunung ini terbilang sedang-sedang saja alias tidak terlalu dahsyat, namun dampak yang dihasilkan luar biasa, Gan! Dampak yang dianggap paling merusak dari letusan gunung api ini adalah luapan lumpur. Nah, luapan lumpur itu menerjang kota Armero dan memakan korban sebanyak 20 ribu jiwa. Berdasarkan International Disaster Database, kerugian yang dihasilkan merupakan salah satu yang terbesar yang disebabkan oleh gunung meletus, yaitu mencapai 1 miliar dolar AS.

8.     Gunung Pinatubo (Pilipina, 1991)

             Kalau letusan gunung yang ini dikatakan sebagai letusan terbesar kedua di abad 20. Letusan gunung api tersebut menghasilkan asap yang mencapai 35km ke udara. Meskipun bencana ini hanya memakan korban sebanyak 722 jiwa, namun lebih dari 200 ribu orang kehilangan tempat tinggalnya. Mengerikan ya, Gan? Eh ada lagi nih, ya, kerugian yang diakibatkan dari bencana ini diperkirakan mencapai 200 juta dolar AS.

9.     Gunung Vesuvius (Italia, 79 Masehi)

            Yang ke-9 adalah gunung Vesuvius di Italia yang meletus pada 79 Masehi. Diketahui bahwa gunung ini sudah meletus beberapa kali, namun pada tahun 79 Masehi itulah yang paling mengerikan. Pada 24 Agustus, gunung api tersebut menghasilkan abu, lumpur, bahkan gas beracun. Dan letusan tersebut menghadang kota terdekat yang ada di sekitarnya, yaitu Pompeii dan Herculaneum. Korban dari bencana ini adalah 16 ribu jiwa. Dan yang paling parah, butuh waktu yang lama untuk memulihkan kondisi kedua kota tersebut, yaitu sampai tahun 1595. Lama ya, Gan? Ya, mungkin saking parahnya kerusakan yang dihasilkan. 

10. Santa Maria (Guatemala, 25 Oktober 1902)

            Dan yang terakhir adalah Santa Maria yang ada di Guatemala. Dikatakan bahwa selama ribuan tahun gunung api Santa Maria dinyatakan gunung api yang tidak aktif. Namun pada tahun 1902 terjadi serangkaian gempa yang disebabkan oleh erupsi gunung api tersebut. bencana tersebut memakan korban sebanyak 5 ribu jiwa. Akibat aktivitas gunung api ini, langit di Guatemala menjadi gelap selama beberapa hari, bahkan kondisi ini terjadi sampai ke San Fransisco. Dan kerugian yang dihasilkan dari bencana ini mencapai lebih dari 1 juta dolar AS.  
 

Nah, itulah 10 letusan gunung api yang paling dahsyat sepanjang masa. Semoga dengan banyaknya bencana alam yang terjadi, kita semakin bisa menjaga alam kita.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed