by

7 Kuliner yang Wajib Masuk dalam Wishlist Saat Wisata di Makassar

Langsung ngiler dan ingin segera mencicipi!

Apa sih yang terbayang dipikiranmu kalau ngomongin kuliner wisata di Makassar? Sebagian besar orang pasti langsung terngiang akan Coto Makassar dan es pisang ijo yang memang sudah populer duluan sebagai kuliner andalan kota ini.

Sebenarnya, masih banyak banget kuliner Makassar yang sangat nikmat dan sayang untuk di lewatkan. Citarasanya yang khas membuat makanan ini tidak pasaran dan bisa dinikmati siapapun juga.

7 kuliner populer wisata di Makassar yang menggoyang lidah

Setelah puas berwisata di kuliner wisata di Makassar, kamu bisa langsung mencicipi kuliner yang ada di sana. Meski sudah menjamur di kota lain, tapi belum lengkap rasanya jika ke Makassar tidak mencoba rasa originalnya.

1. Nikmati coto Makassar yang super lezat

kuliner wisata di Makassar

Jika sedang kuliner wisata di Makassar , wajib hukumnya untuk mencicipi coto Makassar yang asli. Makanan khas daerah ini terbuat dari daging dan ketupat yang dimasak dengan bumbu rempah sehingga menciptakan citarasa kuat.

Saat berada di sini, kamu tidak akan kesulitan mencarinya karena ada banyak penjual yang menjajakannya di pinggir jalan. Untuk menikmati seporsi Coto Makassar, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribuan.

2. Segarnya es pisang ijo dengan es serut dan sirup merah

kuliner wisata di Makassar

Kalau ramadan tiba, pasti sering banget menemui penjual es pisang ijo di pinggir jalan. Minuman berbahan dasar pisang kepok yang dilapisi tepung beras berwarna hijau ini menyuguhkan kesegaran saat meminumnya.

Es pisang ijo semakin terasa nikmat dengan sirup merah dan es serut yang menggunung. Hanya dengan membayangkannya sudah bisa membuat air liur menetes. Pas banget diminum di siang hari.

Baca juga artikel lainnya : 6 ramalan zodiak 2019 Ini Diramalkan Akan Kaya di Tahun 2019?

3. Barongko yang manis dan legit

kuliner wisata di Makassar

Selain Coto Makassar dan es pisang ijo, masih banyak makanan yang harus kamu cicipi saat kuliner wisata di Makassar. Salah satu makanan khas yang sama-sama terbuat dari pisang adalah Barongko.

Jajanan yang dibungkus dengan daun pisang ini rasanya hampir mirip dengan nagasari tapi dengan rasa yang lebih manis. Bahan dasarnya terbuat dari campuran susu bubuk, gula, telur, dan sedikit garam untuk rasa gurihnya.

4. Sop konro dengan daging sapi empuk

kuliner wisata di Makassar

Saat pertama kali mencobanya, kamu pasti akan langsung jatuh cinta dengan Sop Konro Makassar. Makanan yang terbuat dari iga sapi ini dimasak dengan bumbu rempah yang lengkap dan juga kluwak untuk membuat kuahnya berwarna gelap.

Hal yang spesial dari makanan ini adalah dagingnya yang begitu empuk hingga membuat kita tidak perlu mengunyahnya dengan keras. Karena terbuat dari iga sapi, harganya cukup mahal, yaitu sekitar Rp 38 ribu.

5. Jalangkote, jajan pasar cocok jadi teman ngopi

kuliner wisata di Makassar

Bentuknya memang mirip jajanan pasar bernama pastel, tapi rasa dan isinya berbeda dari daerah lain di Indonesia. Di Makassar, Jalangkote diberi isian berupa daun bawang, telur, wortel, dan juga kentang.

Karena ada kentang di dalamnya, jajanan ini bisa membuatmu kenyang dan menunda lapar. Cocok banget jadi santapan sebagai teman minum kopi. Jalangkote bisa kamu temukan di penjual yang ada di pinggir jalan atau toko roti terdekat.

6. Pallu Basa yang mirip coto Makassar

kuliner wisata di Makassar

Saat berkunjung ke tempat kuliner wisata di Makassar Instagramable, kamu pernah mendengar tentang Pallu Basa? Makanan yang satu ini memang tidak sepopuler Coto Makassar, tapi rasanya tidak kalah dibandingkan kuliner lainnya.

Hal yang membuat Pallu Basa terasa khas adalah penggunaan kelapa parut, telur, dan juga santan di dalamnya. Ketiga bahan tambahan ini membuat makanan ini terasa lebih khas dan juga lezat sejak suapan pertama.

7. Pisang Epe cocok jadi takjil

kuliner wisata di Makassar

Selain es pisang ijo, makanan Makassar lain yang cocok dijadikan takjil adalah Pisang Epe. Camilan berbahan dasar pisang kepok bakar dengan kuah gula merah kental dan juga durian ini rasanya manis serta legit.

Kamu yang menyukai durian, pasti akan tergila-gila dengan makanan ini karena menyuguhkan cita rasa khas. Sekali mencicipi pasti tidak akan bisa berhenti dan ingin selalu nambah lagi, apalagi harganya juga murah yaitu sekitar Rp 6 ribu saja untuk tiap porsinya.

Selain mengunjungi Pantai Losari, wisata di Makassar akan lebih lengkap jika mencoba berbagai makanan khas yang ada di sana. Rasanya mudah diterima semua orang dan harganya yang juga sangat bersahabat sehingga makanan ini akan membuatmu bahagia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed