by

8 Cara Untuk Menghilangkan Rasa Iri Pada Orang Lain

Perasaan iri dari hati itu muncul karena sikap dari  kamu yang tidak menyukai ketika melihat orang lain lebih baik dan sukses dari kamu sendiri. Rasa iri itu bisa membuat hati dan pikiran menjadi sangat tidak tenang dan Terus menyimpan rasa iri sangatlah tidak baik dan akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Energi dan pikiran kamu yang terbuang hanya untuk memikirkan sifat iri yang kamu miliki karena saat melihat orang lain yang lebih baik dan sukses dari kamu sendiri. Tapi, sebenarnya ada sangat banyak cara untuk bisa menghilangkan rasa iri hati kamu pada orang lain.

Berikut ini cara yang mudah yang bisa kamu coba dan lakukanlah secara konsisten agar hasilnya bisa maksimal.

1. Cari penyebab munculnya rasa iri tersebut

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari penyebabnya terlebih dulu. Jika kamu sudah tahu alasan dari rasa iri kamu itu, maka kamu bisa lebih mudah untuk menemukan cara yang paling tepat untuk mengatasi rasa iri yang kamu miliki dan bisa membuangnya jauh-jauh.

2. Jangan banding-bandingkan diri kamu dengan orang lain

Jangan pernah selalu membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain, karena dalam hidup ini setiap orang punya standar kehidupannya masing-masing. Misalnya ada orang yang sudah sukses dan kaya tapi memilih hidup yang penuh kesederhanaan, disisi lain ada orang yang biasa saja tapi ingin selalu tampil dengan kemewahan. Jadi, jangan pernah sesekali bandingkan kehidupan kamu dengan orang lain dan jangan hanya dengan menilai kesuksesan orang dari sisi materi saja.

3. Temukan kelebihan dalam diri kamu

Setiap masing-masing orang atau individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun kamu selalu merasa penuh dengan kekurangan, tapi pasti selalu ada kelebihan yang kamu miliki. Temukanlah apa saja kelebihan kamu itu dan gunakan kelebihan kamu itu menjadikannya sesuatu yang bermanfaat untuk kamu dan orang lain.

4. Fokus pada bakat dan kelebihan kamu

Untuk bisa menghilangkan rasa iri pada diri sendiri, kamu harus bisa lebih fokus pada bakat dan kelebihan yang ada dalam diri kamu sendiri. Arahkan semua energi dan pikiran kamu untuk fokus pada kelebihan kamu sehingga kamu bisa meninggalkan kebiasaan buruk membandingkan diri kamu dengan orang lain. Jangan selalu biarkan pikiran kamu larut dalam kecemburuan dan membandingkan kelebihan yang dimiliki orang lain, lebih baik kamu fokus pada kelebihan yang sudah kamu miliki sekarang.

5. Berada di lingkungan yang mendukung

Manusia sebagai makhluk sosial tentu sangat tidak bisa lepas dari kehidupan lingkungan sekitarnya. Untuk menghilangkan rasa iri, kamu juga harus bisa menemukan lingkungan yang mendukung agar bakat dan kelebihan kamu bisa lebih terlihat dan dihargai. Janganlah selalu berada di lingkungan yang terus menerus hanya menambahkan rasa iri pada diri kamu sendiri.

6. Berikan pujian kepada orang lain

Sebenarnya memberi pujian kepada orang lain adalah hal yang simpel dan mudah. Namun faktanya ternyata lebih sulit dari yang kita kira, apalagi jika kamu memiliki rasa iri terhadap orang tersebut sudah dari awal hidupmu. Kenapa? Ini karena ada unsur egosentris yang ada dalam setiap diri manusia yang merasa bahwa dirinyalah yang paling hebat.

Mulailah dengan memuji orang-orang yang terdekat kamu dan berikan pujian dengan tulus tanpa ada maksud lain di belakanganya. Dengan demikian, pikiran kamu akan lebih dapat rasa positif dari orang lain dan rasa iri yang muncul itu pun akan cenderung bersifat positif.

7. Jauhi semua hal yang bisa memicu pikiran negatif

Dalam era serba digital saat ini, rasanya sulit melepaskan diri dengan keberadaan media sosial dan beberapa perangkat digital lainnya. Media sosial yang juga bisa menjadi pemicu kamu untuk selalu berpikir negatif, ketika kamu melihat konten yang bersifat negatif, pikiran kamu pun bisa terseret ke dalamnya.

Seperti saat kamu melihat sesuatu benda yang bisa kamu miliki atau tidak mampu kamu beli, maka secara tidak langsung kamu selalu akan merasa iri ketika melihat orang lain bisa memilikinya. Oleh karena itu, jauhi hal yang bisa memicu pikiran negatif kamu yang bisa menimbulkan rasa iri dalam diri kamu.

8. Hargai diri kamu

Kamu haru bisa untuk menghargai diri kamu sendiri dan detik ini juga berhentilah menganggap diri kamu tidak lebih baik dari orang lain. Hilangkan pikiran di otak bahwa orang lain itu lebih hebat dari kamu karena itu hanya akan memicu munculnya rasa iri pada diri sendiri.

Hargailah apa yang ada kamu miliki dalam diri kamu. Hargai semua kelebihan yang ada di kamu dan berusahalah untuk mengembangkannya terus menjadi lebih baik. Jika kamu bisa menghargai diri sendiri, maka orang lain juga akan selalu dapat menghargai diri kamu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed