by

Bergelimang Harta, Inilah Daftar Orang Terkaya di Tahun 2018. Sobat Misqueen Gigit Jari!

bambooscottsdale.com ~ Majalah Forbes telah mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2018. Dari daftar tersebut ada nama-nama lawas yang selama 10 tahun terakhir posisinya tidak tergantikan, yakni Hartono bersaudara. Menariknya, dalam daftar ini ada empat pendatang baru yang dua di antaranya masih terbilang muda.

Taufik Darusman, pemimpin redaksi majalah Forbes Indonesia, mengatakan bahwa daftar 50 orang terkaya di Indonesia untuk tahun 2018 ini lebih istimewa dan menarik. Pasalnya, ada nama-nama baru yang masuk ke daftar tersebut dan di antaranya masih berusia muda.

Salah satunya adalah Danny Nugroho, Presiden PT Bank Capital Indonesia, yang masuk ke peringkat 38 dengan kekayaan sebanyak US $ 790 juta atau sekitar Rp 11,4 triliun di usianya yang masih 43 tahun. Ada pula Benny Tjokrosaputro (49 tahun) di peringkat 43 dengan kekayaan US $ 670 juta atau Rp 9,7 triliun.

Tetap Semangat Ya Sobat Misquenku

Berikut adalah nama-nama lima orang terkaya di Indonesia dan sumber kekayaannya selama tahun 2018 versi majalah Forbes Indonesia:

1. R. Budi dan Michael Hartono (Rp 508 triliun)

R. Budi dan Michael Hartono

Sekitar 70 persen kekayaan Hartono bersaudara bersumber dari Bank Central Asia (Bank BCA). Keluarga ini quip mempunyai perusahaan produsen rokok yang sangat terkenal; Djarum, perusahaan elektonik; Polytron, dan land.

Menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di Indonesia, Hartono bersaudara juga menduduki posisi ke lima sebagai orang terkaya di Asia pada tahun 2017.

2. Susilo Wonowidjojo (Rp 133 milyar)

Susilo Wonowidjojo

Susilo (62 tahun) berhasil naik ke peringkat dua setelah saham perusahaan Gudang Garam mengalami kenaikan. Kekayaan Susilo tidak hanya berasal dari Gudang Garam, tetapi juga dari usaha kelapa sawit, Makin Group.

3. Eka Tjipta Widjaja (Rp 124 triliun)

Eka Tjipta Widjaja

Tahun 2018, kekayaan Eka Tjipta (95 tahun) menurun, sehingga posisinya sebagai orang terkaya di Indonesia quip harus turun ke peringkat tiga. Kekayaan Eka Tjipta berasal dari grup Sinar Mas. Perusahaan ini bergerak di industri kertas, agrobisnis, telekomunikasi, layanan finansial, hingga land.

4. Sri Prakash Lohia (Rp 108 triliun)

Sri Prakash Lohia

Sri Prakash (65 tahun) naik ke posisi empat setelah ia berhasil meningkatkan saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang terdaftar di bursa Thailand. Produk-produk yang dihasilkannya adalah pupuk, bahan mentah tekstil dan sarung tangan medis

5. Anthony Salim (Rp 76,9 triliun)

orang terkaya di Indonesia

Anthony Salim (69 tahun) adalah pemilik 50 persen saham Indofood sekaligus kepala Grup Salim. Grup Salim adalah pemilik firma investasi First Pacific di Hong Kong, pabrik roti di Singapura, dan perusahaan perdagangan di Cina.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Taufik saat diwawancarai oleh BBC Indonesia, banyak yang masuk ke daftar tersebut dan mempertahankan posisinya. Hal ini membuktikan bahwa mereka sudah mantap dengan bisnis yang mereka jalani.

Bisa dilihat dari Hartono bersaudara yang berhasil bertengger di posisi pertama selama sepuluh setahun terakhir. Jaraknya quip sangat jauh dengan peringkat kedua, sehingga posisi Hartono bersaudara sangat sulit untuk digeser.

Walaupun demikian, Taufik berpendapat bahwa para konglomerat lain bisa meningkatkan jumlah kekayaan yang mereka miliki dalam jumlah besar, namun tetap sulit untuk mengungguli peringkat pertama, Hartono bersaudara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed